Pengikut

Minggu, 28 November 2010

MANAJEMEN DATA TELEMATIKA

MANAJEMEN DATA TELEMATIKA

Telemetri adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengukuran terpencil dan pelaporan informasi . Kata ini berasal dari bahasa Yunani akar = remote tele, dan metron = ukuran.Sistem yang memerlukan petunjuk eksternal dan data untuk mengoperasikan memerlukan mitra telemetri, telekomando .
Meskipun istilah yang biasa merujuk pada nirkabel mentransfer data mekanisme (misalnya menggunakan radio atau inframerah sistem), juga mencakup data yang ditransfer melalui media lain, seperti telepon atau jaringan komputer, link kabel optik atau komunikasi lainnya. Selain itu, ini biasa digunakan dalam "Dewan Hoki" untuk menggambarkan tembakan yang solid. Banyak sistem telemetri modern mengambil keuntungan dari biaya rendah dan ubiquity of GSM jaringan dengan menggunakan SMS untuk menerima dan mengirimkan data telemetri.
Aplikasi :
Balap Mobil
Telemetri telah menjadi faktor kunci dalam balap motor modern. Pertama kali dikembangkan di Australia oleh Engineer & pengemudi mobil balap, James Horley pada tahun 1987. Horley mengembangkan 'Modem Racing' dalam hubungannya dengan sponsornya Netcomm Australia.Terobosan ini memungkinkan kru pit untuk memantau ECU mobil dan suhu ban bahkan memanfaatkan array sensor, pengumpul data dan link radio. menggunakan pertama di dunia telemetri dalam olahraga motor selama Castrol 500 di Melbourne Sandown Raceway sebagai bagian dari kejuaraan Australia di mana Horley berhasil diuji dan berlari Grup A Nissan Turbo ke posisi 5. Horley melanjutkan untuk mengembangkan sebuah versi dari transmisi data khusus untuk televisi, di mana panel instrumen mobil bisa ditampilkan selama siaran TV. Inisiatif ini pertama kali digunakan oleh 7 jaringan Australia selama World Touring Car Championship di Bathurst 1000 pada tahun 1987 dan sekarang digunakan oleh banyak penyiar cakupan berbagai motorsport di seluruh dunia. [4]
Telemetri memungkinkan para insinyur lomba untuk menafsirkan sejumlah besar data yang dikumpulkan selama tes atau ras, dan menggunakannya untuk benar lagu mobil untuk kinerja yang optimal. Sistem yang digunakan di beberapa seri, yaitu Formula Satu , telah menjadi maju ke titik di mana waktu putaran potensi mobil dapat dihitung dan ini adalah apa pengemudi diharapkan untuk bertemu. Beberapa contoh pengukuran yang berguna pada sebuah mobil balap termasuk percepatan (G angkatan) dalam 3 sumbu, pembacaan suhu, kecepatan roda, dan perpindahan dari suspensi. Dalam Formula 1, masukan driver juga dicatat sehingga tim dapat menilai kinerja pengemudi dan, dalam kasus kecelakaan, FIA dapat menentukan atau mengesampingkan kesalahan driver sebagai kemungkinan penyebab.
Akhir perkembangan telemetri melihat dua arah, yang memungkinkan para insinyur kemampuan untuk memperbarui kalibrasi pada mobil secara real time, mungkin ketika sedang keluar di trek. Dalam Formula 1, dua-arah telemetri muncul di awal tahun sembilan puluhan dari elektronik TAG, dan terdiri dari tampilan pesan pada dashboard tim mana yang bisa update.pengembangannya berlanjut sampai Mei 2001, di mana titik itu pertama yang diizinkan pada mobil. Pada tahun 2002 tim mampu mengubah pemetaan mesin dan menonaktifkan sensor mesin tertentu dari lubang-lubang sementara mobil berada di jalur. [ rujukan? ] Untuk musim 2003, FIA dilarang telemetri dua arah dari Formula 1, [ rujukan? ] Namun teknologi masih ada dan akhirnya bisa menemukan jalan ke dalam bentuk-bentuk lain dari mobil balap atau jalan.
Selain telemetri yang juga telah diterapkan pada penggunaan balap Yacht. [ klarifikasi diperlukan Untuk apa? Oleh siapa?] Teknologi yang diterapkan pada Oracle AS-76. [ rujukan? ]
Pertanian
Kebanyakan kegiatan yang berkaitan dengan tanaman sehat dan hasil yang baik tergantung pada ketersediaan data tepat waktu cuaca dan tanah. Oleh karena itu, stasiun cuaca nirkabel memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit dan irigasi presisi. Stasiun-stasiun ini mengirimkan parameter utama yang dibutuhkan untuk keputusan yang baik dengan stasiun pangkalan: suhu udara dan kelembaban relatif , curah hujan dan basah daun (untuk model prediksi penyakit), radiasi matahari dan kecepatan angin (untuk menghitungevapotranspirasi ), dan kadang-kadang juga kelembaban tanah, penting untuk memahami kemajuan air ke dalam tanah dan akar untuk keputusan irigasi.
Karena iklim mikro lokal dapat bervariasi secara signifikan, data tersebut perlu datang dari kanan dalam tanaman. Pemantauan stasiun biasanya mengirimkan data kembali oleh terestrialradio meskipun kadang-kadang satelit sistem yang digunakan. Tenaga surya sering digunakan untuk membuat stasiun independen dari infrastruktur lokal.
Manajemen Air
Telemetri telah menjadi sangat diperlukan untuk aplikasi pengelolaan air, termasuk kualitas air dan sungai mengukur fungsi. aplikasi utama meliputi AMR ( pembacaan meter otomatis ),air tanah monitoring, deteksi kebocoran di pipa distribusi dan pengawasan peralatan. Setelah data yang tersedia dalam waktu hampir nyata memungkinkan reaksi cepat ke kejadian di lapangan.
Pertahanan, ruang dan eksplorasi sumber daya sistem
Telemetri adalah teknologi yang memungkinkan untuk sistem yang kompleks besar seperti rudal, RPVs, pesawat ruang angkasa , rig minyak dan pabrik kimia karena memungkinkan pemantauan otomatis, peringatan, dan pencatatan yang diperlukan untuk aman, operasi efisien. Space lembaga seperti NASA , ESA , dan lembaga lainnya menggunakan telemetri / sistem telekomando untuk mengumpulkan data dari operasi pesawat ruang angkasa dan satelit.
Telemetri sangat penting dalam tahap pengembangan rudal, satelit dan pesawat karena sistem akan hancur setelah / selama pengujian. Insinyur perlu parameter sistem kritis untuk menganalisis (dan meningkatkan) kinerja sistem. Tanpa telemetri, data ini sering tidak tersedia.
Rocketry
Dalam peroketan, peralatan telemetri merupakan bagian integral dari jangkauan roket aset yang digunakan untuk memantau kemajuan suatu peluncuran roket . Beberapa masalah khusus lingkungan yang ekstrim (suhu, percepatan, getaran ...), yang pasokan energi , yaitu alignment tepat dari antena dan (pada jarak yang panjang, misalnya di spaceflight ) sinyalwaktu perjalanan .
Musuh kecerdasan
Telemetri adalah sumber intelijen yang penting bagi AS dan Inggris ketika Soviet rudal yang diuji. Untuk tujuan ini, AS mengoperasikan pos pendengar di Iran . Akhirnya, Rusia menemukan semacam ini pengumpulan intelijen AS dan terenkripsi telemetri mereka sinyal tes rudal. Telemetri adalah sumber vital bagi Soviet yang akan beroperasi mendengarkan kapal di Teluk Cardigan untuk menguping pada tes rudal Inggris dilakukan di luar sana.
Pemantauan Energi
Di pabrik-pabrik, bangunan, dan rumah-rumah, konsumsi energi sistem seperti HVAC dipantau di beberapa lokasi, bersama dengan parameter yang terkait (misalnya suhu) melalui telemetri nirkabel untuk satu lokasi sentral. Informasi ini dikumpulkan dan diproses memungkinkan keputusan cerdas tentang penggunaan energi yang paling efisien untuk dilaksanakan.Sistem tersebut juga memfasilitasi perawatan prediktif .
Sumber Daya distribusi
Banyak sumber daya yang harus didistribusikan di wilayah yang luas. Telemetri sangat penting dalam kasus ini, karena memungkinkan sistem untuk menyalurkan sumber daya untuk tempat yang membutuhkannya.
Kedokteran
Telemetri juga digunakan untuk pasien ( biotelemetry ) yang beresiko abnormal jantung aktivitas, umumnya di unit perawatan koroner . pasien tersebut dilengkapi dengan mengukur, merekam dan perangkat transmisi. Log data dapat berguna dalam diagnosis dari pasien kondisi tersebut dengan dokter . Fungsi sinyal dapat mengingatkan perawat jika pasien menderita dari atau berbahaya kondisi akut.
Juga sistem yang tersedia dalam perawatan medis-bedah untuk memantau kondisi dimana kondisi jantung mungkin dikesampingkan. Atau untuk memantau respon terhadap obat antiarrhythmic seperti Digoxin .

Jadi, kesimpulan yang saya dapat ambil adalah manajemen data telematika aplikasinya dapat berguna dalam berbagai bidang pekerjaan.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Telemetry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar